• Esai Guru Penggerak - 4 Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru

     


    Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut?

    Perkembangan era digital saat ini sangat pesat. Perkembangan ini mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia termasuk para guru harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Untuk itu dibutuhkan upaya-upaya strategis dalam rangka meningkatkan kapasitas diri dan profesionalisme. Langkah strategis untuk pengembangan kemampuan diri dapat dilakukan dengan cara mengikuti berbagai kompetisi maupun pelatihan-pelatihan yang relevan dengan bidang yang di geluti. Saya sendiri melakukan hal tersebut dengan cara mengikuti Pelatihan Wasit Nasional Yang diselenggarakan Pada Tahun 2021 dan pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan seperti kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) hingga level 4, mengikuti berbagai seminar hingga tingkat internasional, dan pelatihan lainnya secara daring/online melalui Portal Guru Belajar da Berbagi Kemendikbud.

    Dari berbagai pengalaman mengikuti kompetisi dan pelatihan yang tela disebutkan di atas, ada banyak masukan dan umpan balik yang saya dapatkan. Misalnya saja dalam Hal Pelatihan Wasit Nasional , saya mendapatkan kesempatan menjadi Ketuan Perwasitan Kabupaten Sambas Pada Periode 2021 sampai 2024. Dalam kegiatan ini begitu banyak ilmu dan pengalaman baru yang saya dapatkan dari para ahli dan anggota yang lainnya.

    Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda?

    Pribadi yang baik adalah pribadi yang jujur dan terbuka dengan kritik, saran dan masukan dari orang lain. Untuk itu saya berusaha mencoba untuk menjadi pribadi yang baik tersebut. Selama mengikuti kegiatan kompetisi maupun pelatihan yang telah saya uraikan pada essay sebelumnya bahwa saya merasa senang dan bangga mendapatkan masukan dan umpan balik dari orang lain. Saya menyadari bahwa masukan dan umpan balik yang saya terima akan berdampak positif bagi diri saya pribadi.

    Sebagai contoh, ketika dalam kegiatan ekstakurikuler bola Voli presentasi yang dianggap oleh sekolah belum baikmaka saya dengan senang hati memperbaiki program latihan yang saya buat tersebut. Begitu juga ketika saya Mendampingi Atlit yang sedang Bertanding, ada banyak kekurangan-kekurangan yang saya miliki namun saya terus berusaha mencoba melakukan perbaikan secara langsung. Saya meyakini bahwa masukan dan umpan balik yang diberikan orang lain kepada saya adalah bagian dari upaya peningkatan kapasitas diri dan profesionalisme saya sebagai guru sekaligus Pelatih.

    Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, Hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda?

    Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik yang disampaikan kepada saya untuk pengembangan diri, saya juga mencoba aktif dalam menguasai ilmu Kepaltihan serta Kepemimpinan. Selain mengajar saya juga ditugaskan sebagai Pembina Osis sekolah. Dengan tugas ini saya menjadi belajar lebih dalam tentang dunia Organisasi dalam Penerapanya membina siswa siswi yang ikut bergabung dalam organisasi Osis diskeolah. Ada banyak hal dalam dunia orgnisasi yang mampu meningkatkan kemampuan diri dan diterapkan dalam pembelajaran. Selain itu saya juga Menjadi Ketua Perwasitan Kabupaten Sambas yang ternyata memiliki manfaat yang luar biasa dalam mendukung proses Interaksi dengan Rekan seprofesi dan juga siswa, seperti menjadikan orang yang selalu mengedepankan Kepentingan Orang banyak dari Pada Kepentingan Pribadi. termasuk peserta didik. Hanya saja, aktif Menjadi Wasit Nasional sedikit mengganggu waktu istirahat karena kemampuan manajemen waktu semakin berkurang. Akan tetapi hal tersebut dapat mempermudah proses interaksi dengan Orang lain dengan melatih diri Menjadi pribadi yang Lebih Baik.

    Selain Ekstrakurikuler, saya juga mencoba membangun konsep hubungan yang Friendly Relationship (bersahabat) dengan peserta didik. Konsep ini akan tetap saya praktikkan dalam keseharian di sekolah maupun di luar sekolah. Hasilnya sangat efektif meski terkadang peserta didik secara spontan melemparkan candaan yang di luar normalnya yang membuat sedikit mengganggu, namun saya akui pola ini sangat efektif dalam pembelajaran di kelas. Peserta didik semakin nyaman dan suka dengan pelajaran yang saya ampu. Mereka lebih menghargai keberadaan saya sebagai guru dan menghilangkan kesan siswa takut dengan guru.

    Bagaimana aplikasi hasil proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda?

    Sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya bahwa pemanfaatan masukan dan umpan balik dan hal-lain lain di luar kebiasaan dapat mendukung proses pengembangan diri dan mendukung proses pembelajaran. Untuk itu, proses pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas menggunakan pola hubungan friendly relationship telah mampu mempermudah pekerjaan sebagai guru dalam mengajar dan mendidik. Proses pembelajaran yang berlangsung dengan nyaman akan berpengaruh terhadap semangat mengajar serta kecintaan terhadap pekerjaan semakin tinggi. Kualitas pekerjaan semakin baik karena proses pembelajaran yang didukung oleh aspek-aspek lainnya seperti pemanfaatan teknologi tersebut.

    Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil proses pembelajaran sangat mempengaruhi kualitas pekerjaan yang saya lakukan. Kemampuan mengelola pembelajaran dengan hasil yang baik dapat menciptakan citra pekerjaan yang semakin baik baik bagi masyarakat maupun bagi diri sendiri. Hasil proses pembelajaran yang baik juga mampu meningkatkan motivasi belajar dan prestasi peserta didik.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Guru Ganteng 2023. Diberdayakan oleh Blogger.